Telphone: 666-777-666

Email: office@firebigade.com

Untuk mengukur kemampuan dan sebagai ajang belajar serta  mengasah ketrampilan buat para penyelamat (rescuer) yang ada di Kalimantan Timur khususnya Balikpapan,  pemerintah kota bersama dengan panitia bulan  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) akan menggelar uji ketangkasan penyelamatan di kota minyak yakni "  2nd BALIKPAPAN FIRE & RESCUE CHALLENGE 2014".

Lomba penyelamatan ( rescue) ini akan di gelar pada 20-23 februari 2014 mendatang. Dan pesertanya terbuka untuk perusahaan , lembaga kedaruratan dan perguruan tinggi.

Humas panitia bulan K3, Albertus Prayudia, mengatakan lomba ini adalah yang kali kedua di gelar. Dan ini merupakan acara yang paling di tunggu, di mana kita bisa melihat kemampuan tanggap darurat para rescuer yang ada di kota Balikpapan ini. Karena Balikpapan  merupakan kota yang terus berkembang pembangunannya dan merupakan kota tujuan investasi bagi dunia usaha. Sehingga kota minyak ini harus menjadi percontohan dalam hal safety, salah satunya dengan memiliki sumberdaya kedaruratan yang handal dan mampu berkordinasi secara profesional.

Bulan K3 kali ini  mengusung tema, " Wujudkan Budaya K3 Untuk Menjamin Stabilitas Usaha Dalam Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional,"  bertujuan mulia yaitu   meningkatkan kesadaran dalam pelaksanaan  budaya bekerja dengan kondisi yang aman , nyaman buat pekerja   dan masyarakat sehingga bebas dari bahaya kecelakaan atau zero insident.

Bicara  Untuk  lomba rescue yang  akan di gelar ini,  tim yang akan bertanding harus berjumlah 11 orang terdiri dari tujuh orang evacuator, satu orang kapten, satu orang intruktur dan satu official   Manager serta satu orang evacuator cadangan. " Dalam lomba kali ini peserta kita batasi hanya 20 tim dan pendaftara di buka 28 Januari sampai dengan  10 Februari 2014 di lapangan Merdeka , Balikpapan," kata Albertus Prayudia yang biasa di sapa Abet ini.

Abet menambahkan bagi tim yang merasa sudah siap bisa segera mendaftar. Karena peserta yang lebih dulu mendaftar akan di verifikasi dan lomba ini bebas biaya pendaftaran. Hal penting lainnya , peserta yang ikut dalam even ini akan mendapatkan pengetahuan tambahan dari workshop ketrampilan kedaruratan yang menghadirkan para pakar K3 dari Basarnas dan tim rescue yang pernah menyabet jura dalam Indonesia Fire Rescue Challenge  (IFRC) bertempat di Banua Patra, sehari sebelum lomba. Bagi tim yang nantinya juara, panitia menyiapkankan piala dan sertifikat serta untuk yang bisa merebut juara umum bisa membawa pulang piala bergilir Walikota Balikpapan.

"Untuk pendaftaran , tim calon peserta lomba bisa menghubungi saudari  Mery Sitinjak (0811 5455 585) dan untuk tehnis  lomba saudara Asep Dedi ( 0811 5907 33)  atau  Yoseph Adhityawan ( 0813 5091 9407)," ujar Abet.

Sementara itu untuk materi lomba yang akan dipertandingkan yaitu : Fireman Fitness Drill, Motor Vehicle Accident, dan Mass Casualty.

Selain gelaran lomba ini dalam memeraihkan bulan K3 panitian juga telah menggelar seminar tentang pentingnya keselamatan pekerja bagi perusahaan-perusahaan di Balikpaan dan di waktu yang tak bersamaan  dalam rangkaaian kegiatan bulan  K3 para  pelajar juga di berikan sosialisasi cara berkendara yang aman dan ancaman bahaya narkoba serta pelajaran mengatasi bahaya kebakaran bagi warga di hunian padat penduduk di beberapa daerah di Balikpapan. Dan di penghujung kegiatan rencananya panitia juga akan menggelar pameran K3. Menutup Pembicaraan Humas Kegiatan Bulan K3, Albertus Prayudia  menyerukan ," Utamakan Keselamatan ( Safety First)"!!!