Telphone: 666-777-666

Email: office@firebigade.com

Helicopter Tabrak  SpeedboatSebuah helicopter  Bell-407 PK-WSC milik PT Whitesky Aviation yang sedang melakukan pilot test flight di perairan Tanjung,Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, terbang rendah dan menyambar  speeboat berpenumpang delapan orang yang berlayar dari penajam menuju Balikpapan.

Akibat kejadian ini, satu dari delapan orang penumpang tewas akibat ditabrak  landing skids (penyangga kedudukan helicopter) hingga kepalanya pecah dan satu orang lagi patah lengan dan tulang rusuk.

Korban samsudin (23) warga Sukabumi, kampung Citugu, Cikakak, Jawa Barat/ penumpang speedboat Penajam -Balikpapan yang di tabrak helicopter  saat tiba di kamar jenazah rumah sakit Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

Kondisi korban sangat mengenaskan , ia tewas setelah kepalanya pecah akibat terkena  landing skids helicopter yang terbang rendah di atas perairan tanjung , Kabupeten Penajam Paser Utara, saat menumpang speedboat menuju Balikpapan.

Beberapa saksi mata di sekitar tempat kejadian menyatakan, di speedboat yang berlayar dari penajam menuju ke pelabuhan semayang terdapat delapan orang termasuk motoris.

Saat speedboat baru melaju tak disangka ada helicopter yang sedang auto pilot test flight. Helicopter yang di piloti Willy Baker Foenay dan crew engeneer Aris, Avionik Asep dan Foo Rangga,  terbang rendah dan tiba-tiba menukik ke arah speed boat yang sedang berjalan. Usaha motoris untuk mengelak tak sepenuhnya berhasil heli sempat menabrak bagian darispeedboat dan landing skids mengenai salah satu penumpang yang tidak sempat merunduk yakni Samsudin.

Karena itulah  Samsudin tewas seketika dengan cedera kepala berat sementar enam penumpang dan motoris selamat.

Menurut salah seorang saksi mata usai menabrak heli langsung berusaha naik keudara dan terbang menuju ke arah muara Somber setelah itu menghilang.

Sementara itu Nana Setiawan (56), paman samsudin yang tewas saat kejadian mengatakan, kejadian itu terjadi tiba-tiba, " Penumpang semuanya delapan dengan motoris.Heli tiba-tiba menukik diatas speedboat yang terputar akibat angin yang kencang dari baling-baling, saya terlempar tapi saya sempat pegang besi di speedboat sehingga tidak masuk kelaut tapi ponakan saya kena besi helicopter kepalanya dan langsung tewas bersimbah darah" katanya lirih.

Nana Setiawan (56) mengalami patah tangan dan tulang rusuk  karena sempat terlempar dari speed boat yang terputar-putar setelah terkena hempasan angin baling-baling helicopter.

Jenazah korban rencananya akan di pulangkan ke kampung halamannya Sukabumi, Kampung Citugu, cikakak , Jawa Barat, melalui jasa sosial kematian Yayasan Kasimo Balikpapan. Sementara itu, korban patah lengan dan tulang rusuk Nana setiawan (56) yang mengalami patah lengan dan tulang rusuk di rawat intensif  untuk dioperasi di rumah sakit umum dr. Kanujoso djatiwibowo.

Helicopter yang menabrak itu berute Balikpapan-Batukajang- Balikpapan. Saat kejadian Mereka  sedang berusah untuk Return to Base ke Bandara Sepinggan karena cuaca buruk// Saat perjalanan mereka mengami insiden tetapi helicopter berhasil selamat sampai bandara sepinggan 16.15 wita.

Nama-nama penumpang Speedboat:

  • Korban Selamat
    • Aco (Motoris)
    • Supendi (32 tahun/Penumpang)
    • Dadam Agustiawan (27 tahun/Penumpang)
    • Firman (Penumpang)
    • Panji (Penumpang)
    • Musa (Penumpang)
  • Korban Cidera
    • Nana Setiawan (patah lengan)
  • Meninggal Dunia
    • Samsudin (23 tahun)