Telphone: 666-777-666

Email: office@firebigade.com

Simulasi Kegagalan Tehnology , Kilang Pertamina MeledakKilang minyak Pertamina meledak dan terbakar, musibah ini membuat ratusan warga yang berdiam di kampung atas air, tewas dan terluka. Sementara ribuan warga lainnya mengungsi ke lokasi yang aman.

Ledakan dan kebakaran hebat terjadi di salah satu kilang minyak milik pertamina akibat sambaran petir. Api dengan cepat membesar. Warga yang bermukim di kampung atas air tak  menjadi korban musibah ini.

Pasukan pemadam kebakaran milik pertamina,  berupaya cepat. Secara berbondong-bondong petugas pemadam kebakaran menuju ke kilang yang terbakar. Sementara itu tim penanggulangan bencana dari BPBK kota Balikpapan, Banda Indonesia serta basarnas dan Total E & P, berupaya mengevakuasi ribuan warga yang panik.

Simulasi Kegagalan Tehnology , Kilang Pertamina MeledakDalam upaya evakuasi itu ada satu warga yang pingsan karena terlalu banyak menghirup asap tebal dari kilang yang terbakar. Bahkan korban diketahui juga mengalami patah kaki.

Tim rescue Bantuan Darurat  Indonesia berupaya keras menyelamatkan nyawa korban dengan metode resusitasi jantung paru-paru. Hingga akhirnya korban siuman dan langsung dilarikan ke rumah sakit.

Dalam musibah ini diketahui ratusan warga tewas dan ribuan lainnya mengungsi ke lokasi ter-aman. Tim dari badan penanggulangan bencana daerah langsung melaporkan peristiwa ini ke gubernur Kaltim.

Namun ini hanya simulasi saja yang dilakukan BPBD Provinsi dengan Pertamina.

Andreanus Pamudji dari Banda Indonesia saat konferensi pers mengatakan, kegiatan ini sangat baik sekali dan harus sering di adakan. Dengan maksud supaya tim penanggulangan bencana yang terdiri dari berbagai instansi dan elemen masyarakat terlatih siap manakala terjadi musibah dan bencana yang datang secara tiba-tiba.

Usai simulasi terungkap kalau kedepan akan dibentuk tim reaksi cepat penanggulangan bencana oleh pemerintah provinsi kaltim.

Simulasi Kegagalan Tehnology , Kilang Pertamina Meledak"Dari simulasi ini ke depan kita akan seger membentuk tim reaksi cepat Kaltim, yang siap diterjunkan manakala terjadi bencana dan musibah besar baik di Kaltim maupun di luar. Dan anggotanya tim rekasi cepat akan diseleksi dari para profesional di dalam penanganan bencana termasuk Banda Balikpapan," ujar Wahyu Widhi Heranata, kepala BPBD Kaltim.

Dibentuknya tim reaksi cepat penanggulangan bencana berdasarkan perda yang telah disetujui dan disahkan oleh DPRD dan Pemprov Kaltim, dengan harapan tim reaksi cepat nantinya bisa jadi tim andalan yang handal dan profesional.